Nikah Massal Terbesar di Dunia, Libatkan 10 Ribu Muslim Miskin di India
Mahar yang mahal dan kemiskinan membuat muda mudi Muslim di India yang tergolong miskin, terkendala menikah. Tapi kini mereka bisa menyungging senyuman. Tak tanggung-tanggung, rencananya ada 10 ribu pasangan muda mudi Muslim berasal dari kaum papa, anak-anak yatim Muslim akan ikut dalam pesta pernikahan massal di Andra Pradish, India. Pemerintah mendukung acara tersebut dengan melakukan pesta nikah massal secara gratis.

Dewan Wakaf Kota akan menanggung biaya pernikahan massal itu dengan dukungan dari pemerintah, karena semakin mendesaknya permintaan kaum minoritas Muslim yang miskin untuk bisa menikah secara resmi.

Menurut harian Al-Khaleej Times terbitan Emirat, Uhamad Shaber, menteri yang menangani kaum minoritas di Andra Pradish, Utara India, mengatakan, "Tim parlemen telah dibentuk untuk mengkaji bagaimana caranya mengorganisir pesta pernikahan massal gratis pertama kali dan terbesar di India dan mungkin di dunia, umtuk Muslimin India."

Panitia untuk pesta nikah massal ini disebutkan telah menerima daftar para calon pengantin yang jumlahnya sekitar 10 ribu orang. Masih menurut Shaber yang juga sudah melakukan dialog dengan sejumlah tokoh agama dan pemerintahan setempat, agenda nikah massal ini sebenarnya sudah beberapa kali dilakukan tapi tidak untuk komunitas Muslim melainkan untuk komunitas Hindu yang miskin. Komunitas Hindu yang tergolong miskin mendapat bantuan dana dari lembaga peribadatan kaum Hindu yang setiap tahun memberikan sumbangan untuk pernikahan anggotanya

Dalam acara nikah massal minoritas Muslim di India ini, para calon pengantin akan mendapat bantuan dana sebesar 251 dollar. Total dana untuk para calon pengantin itu, sejumlah 1.225.000 dollar diambil dari anggaran pemerintah yang memang diperuntukkan guna membantu pernikahan massal. Saat ini di India terdapat 31 juta Muslim, atau sama dengan seperlima dari total penduduk Hindu yang jumlahnya 140-an juta orang. (na-str/iol)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh//
firdaus
http://kotaislam.blogsome.com/

"Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS 20 : 25-28)
"Ya Allah jadikan Aku hamba yang selalu bersyukur dan penyabar"

Komentar