google earth, sang penyelamat

Suku Terasing Selamatkan Diri via Google Earth
Fino Yurio Kristo - detikinet


Suku Surui (ibnlive)


Brasil - Suku Surui Indian yang tinggal di pedalaman Amazon, Brasil jarang melakukan kontak dengan dunia luar. Maka, sedikit saja yang tahu tentang masalah pelik mereka, yakni populasi yang menyusut akibat penyakit dan lahan yang lenyap karena penebangan hutan.

Namun kini, mereka telah punya 'nabi penyelamat' sebagai solusi atas kesusahan itu. Tak lain dan tidak bukan, sang 'nabi' adalah raksasa internet Google dengan layanan online populernya, Google Earth.

Rupanya, suku Surui ini ingin mendokumentasikan apa yang terjadi pada hutan mereka di Google Earth. Harapannya, hal ini bakal memicu kepedulian dari otoritas untuk membantu mereka.

Adalah Chief Almir, satu-satunya anggota suku Surui lulusan universitas yang mencetuskan gagasan pemanfaatan Google Earth ini. Almir terinspirasi melakukannya setelah via Google Earth, dia bisa mengetahui bagaimana pengrusakan hutan mengancam kehidupan sukunya.

Almir pun mendekati pihak Google Earth melalui sebuah lembaga swadaya masyarakat. Menanggapi permintaan tolong ini, Rebecca Moore dari Google Earth Team Leader berjanji memberi bantuan yang diperlukan.

Dikutip detikINET dari IBNLive, Selasa (1/7/2008), dengan mengintegrasikan informasi dan teknologi di Google Earth, suku Surui mungkin bisa menyelamatkan masa depan anak cucu mereka dari ancaman pembalakan liar

Komentar