Bocah 13 Tahun Jadi Ayah Picu Debat di Inggris
Nurul Hidayati - detikNews



The Sun

London - Banyak yang terhentak ketika mengetahui kabar bahwa Alfie Patten, bocah lelaki 13 tahun, memiliki bayi dari pacarnya yang berusia 15 tahun. Bagaimana tidak, wajah Alfie begitu imut -- terlihat lebih muda dibanding usianya -- dan suaranya pun belum pecah.

Ciri anak-anak masih melekat erat pada Alfie. Dan wajar dia mengandalkan uang saku dari orangtuanya selama ini. Peristiwa ini tak urung memicu perdebatan tentang kehamilan di kalangan remaja di Inggris, negara Alfie menetap.

Alfie mengaku dia belum tahu bagaimana dia dan kekasihnya, Chantelle Steadman, akan menghidupi bayi perempuan mereka, Maisie Roxanne, yang lahir pada Senin 10 Februari lalu. Meski demikian, Alfie berjanji akan menjadi ayah yang baik.

"Kami tidak berpikir tentang bagaimana kami menghidupinya. Saya tidak mendapat uang saku yang banyak. Ayah saya kadang-kadang memberi saya 21 dolar," ujar bocah bertinggi 1,22 meter ini pada koran The Sun dan dilansir AFP, Minggu (15/2/2009).

Orangtua kedua pasangan muda itu mendukung keduanya. Ayah Alfie, Dennis (45), menyatakan anaknya berkomitmen pada peran barunya sebagai orangtua.

"Dia bisa saja mengangkat bahu dan duduk di rumah bermain Playstation. Namun dia memilih berada di rumah sakit setiap hari," kata Dennis. Maksudnya jelas, menunggu kekasihnya.

Bayi Alfie-Chantelle memiliki berat 3,27 kg. Chantelle hamil setelah suatu malam mereka melakukan hubungan seksual tanpa pelindung. Saat itu Alfie berusia 12 tahun.

Pemimpin oposisi dari Partai Konservatif menyebut peristiwa ini sebagai contoh rusaknya kehidupan sosial di "Inggris yang hancur." Perdana Menteri Brown berkomentar atas tuduhan itu.

"Saya tidak mengetahui secara detail kasus ini, namun jelas saya pikir kita semua ingin menghindari kehamilan di kalangan remaja," kata Brown.

(nrl/gus)


Jual Kisah, Bocah 13 Tahun Jadi Ayah Bisa Keruk Rp 8,5 Miliar
Nurul Hidayati - detikNews

AFP
London - Kisah opera sabun Alfie Patten, bocah 13 tahun yang memiliki bayi dari kekasihnya, Chantelle (15), berujung pada gelimang uang.

Belasan media di Inggris saat ini berusaha mendapatkan cerita eksklusif tentang Alfie, bocah yang wajahnya mirip anak 8 tahun. Alfie ditaksir bisa meraup 500 juta pounds atau setara Rp 8,5 miliar dari kisahnya itu.

Media Inggris, The Independent, melansir tabloid The Sun yang pertama kali menurunkan kisah Alfie ingkar menepati janjinya membayar 25 ribu pounds (sekitar Rp 426 juta) untuk foto-foto permulaan dan wawancara video yang diposting di websitenya.

Konsultan hubungan media Max Clifford sekarang disewa oleh ayah Alfie, Dennis, untuk mengurus masalah itu. Max menyatakan keluarga Alfie harusnya dapat 100 ribu pounds (sekitar Rp 1,7 miliar) untuk foto-foto yang menghentak pemberitaan dunia itu.

"Bila orang datang kepada saya, seringkali itu tidak tentang uang. Dennis mengontak saya karena media datang dari berbagai arah, paling jauh Australia. Saya selalu menyatakan bahwa media massa menghasilkan uang, jadi orang-orang yang menjadi cerita seharusnya menghasilkan uang juga," ujar Max.

Kisah tentang Alfie menjadi berita besar karena foto bocah itu yang memperlihatkan bocah itu terlalu imut untuk menjadi ayah. Bila tidak ada foto, berita itu tidaklah terlalu istimewa.

Karena itu wajarlah bila The Sun kemudian merayu ayah Alfie agar bisa memfoto Alfie dan bayinya dengan bayaran 25 ribu pounds. Namun belakangan The Sun diketahui ingkar janji dan hanya menawarkan 10 ribu pounds (sekitar Rp 170 juta). Meski itu terlihat seperti uang yang banyak, namun The Sun mengambil untung lebih banyak.

Sumber-sumber yang lain menyatakan bahwa Max dan The Sun terlihat perselisihan atas bayaran yang telah disepakati, yang mana Max saat itu tidak terlibat di dalamnya. Ini bisa dimaklumi, sebab sedikitnya 15 rumah produksi televisi saat ini sedang 'berperang' untuk bisa membuat film dokumenter Alfie dan bayinya, pemenang diperkirakan akan membayar 80 ribu pounds (setara Rp 1,3 miliar).

Phil Hall, seorang eks editor yang kini menjalankan bisnis public relations memprediksi, Alfie ditaksir bisa mengantongi setengah juta pounds (sekitar Rp 8, 5 miliar) hingga beberapa tahun ke depan. Uang itu didapat dari izin pembuatan film dokumenter, foto-foto ulang tahun bayinya yang pertama, hari pertama bayi itu mulai bersekolah kelak di saat ayahnya mungkin masih berada di bangku sekolah.

"Tidak ada orang yang menjadikan Alfie sebagai contoh panutan atau merayakan apa yang telah terjadi. Pada waktu bersamaan, orang-orang juga banyak bersimpati padanya. Ini adalah dilema moral, namun kisah ini berharga untuk menjadi perdebatan nasional," ujar Hall.

Diduga karena uang bicara dalam kasus ini, sejumlah remaja pria mengaku pernah berhubungan seksual dengan Chantelle dan mengaku bisa jadi merekalah ayah dari bayi Maisie Roxanne.

(nrl/iy

Komentar